SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Senin, 27 Februari 2017

Business Home Industry Kripik Singkong



PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
BISNIS HOME INDUSTRY
KRIPIK SINGKONG


14 (1).jpg


Di Susun Oleh:

Nama : Wahidatur Rohmah
Kelas  : XII AP 1                                    
No.      : 34

SMK NEGERI 1 KEBUMEN
BIDANG BISMAN,TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI
Jl.Cemara 37 Karangsari Telepon/Fax.(0287) TU :381132 kebumen – 54351
Website : www.smkn1kebumen.sch.id Email :smkn1.kebumen@yahoo.com




LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN KRIPIK SINGKONG

Proposal kewirausahaan disusun sebagai salah satu tugas

Mapel              : Prakarya dan Kewirausahaan
Disusun Oleh  : Wahidatur Rohmah
Kelas               : XII AP 1
Prog. Keahlian            : Administrasi Perkantoran
Disahkan di     : SMK Negeri 1 Kebumen
Pada                :
                       
Hari                 :          
                         Tanggal          :



Mengesahkan






                                                                                                Pembimbing,



                                                                                   
M. Nur Kholid, S.Pd










KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena atas Rahmat dan RidhaNya, saya dapat menyelesaikan tugas mata pelajaran Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kebumen yaitu penyusunan proposal yang berjudul “PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN BISNIS HOME INDUSTRYKRIPIK SINGKONG”.

Shalawat serta salam senantiasa saya sanjungkan kepada junjungan nabi Agung Muhammad SAW, yang telah memberikan syafa’at di Yaumul Kiamah. Dalam pembuatan laporan ini, tidak lepas dari semua pihak yang telah mendukung, memberi saran, dan masukan–masukan, sehingga segala hambatan dan rintangan yang ada dalam pembuatan laporan ini dapat diselesaikan. Untuk itu saya mengucapkan terima kasi kepada:
1. Bapak Nurul Aini S.Pd selaku kepala SMK Negeri 1 Kebumen.
2. Bapak M. Nur Kholid selaku guru Prakarya dan Kewirausahaan.
5. Serta pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan, terimakasih atas partisipasi dan kerja samanya.
Saya menyadari bahwa proposal yang saya buat masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran dari semua pihak selalu saya harapkan demi kesempurnaan laporan ini. Saya mohon maaf apabila dalam penyusunan laporan ini banyak terjadi kekeliruan. Semoga laporan ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi penulis dan pembaca.



Kebumen, 19 Februari 2017


                                                                                           Wahidatur Rohmah
                                                                                            NIS. 12529



BAB I

ü  GAMBARAN UMUM

Nama Perusahaan        : KRIPAK
Alamat                         : Soka, RT 02/03, Poncowarno,  Kebumen
Nama Pemilik              : Wahidatur Rohmah
Penanggung Jawab       : Wahidatur Rohmah

ü  VISI

“Menjadi industry kecil menengah yang tangguh sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan kripik singkong yang renyah dan gurih, serta dapat menjadi penghasil kripik singkong yang diakui oleh masyarakat”

ü  MISI
1.Memberdayakan petani masyarakat dengan mengolah kripik singkong menjadi kripik yang renyah.
2.Mengurangi tingkat pengangguran
3. Untuk menambah penghasilan
4. Dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang mampu bersaing produk lain yang telah terkenal dikalangan masyarakat atau mungkin bersaing denangan produk impor.




















BAB II

ü  LATAR BELAKANG

Kripik singkong merupakan salah satu produk makanan ringan yang  banyak digemari konsumen. Rasanya yang renyah dan murahnya harga yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai Anda bersama rekan dan keluarga.

Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, kini keripik singkong mulai diinovasikan berbagai varian rasa, seperti keripik singkong pedas dengan beberapa tingkatan level. Meskipun trend tersebut belum lama dikenal masyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga banyak  produsen keripik singkong mulai beralih jalur dengan menambahkan ekstra pedas  pada produk keripik yang diciptakannya. Sejatinya, produk keripik singkong pedas bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun dengan menambahkan sedikit inovasi dalam hal peningkatan level rasa pedas yang ditawarkan, kini keripik tersebut banyak dicari konsumen dan menjadi salah satu peluang bisnis menarik yang menjanjikan untung besar  bagi pelakunya.

ü  TUJUAN PENGEMBANGAN PRODUK

 Usaha tersebut juga diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja  potensial yang saat ini jumlahnya sangat melimpah baik itu angkatan kerja baru maupun angkatan kerja yang oleh karena kondisi perekonomian. Dengan demikian tujuan dari pengembangan produk  itu sendiri ada dua yaitu dari Aspek Ekonomi dan dari Aspek Sosial, Aspek Ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan, sementara Aspek sosial adalah sedikitnya untuk membantu Masyarakat dalam mengatasi Pengangguran.

ü  TARGET PASAR / KONSUMEN

Rata-rata penggemar berat makanan pedas adalah kalangan remaja atau anak muda. Ini menjadikan sebagai target pasar yang sangat potensial, dengan cara menawarkan beberapa level rasa pedas untuk memenuhi permintaan para konsumen. Di samping itu, kami juga menyediakan varian rasa yang lain selain  pedas level, seperti keripik ubi keju, keripik ubi original, keripik ubi balado, , keripik ubi jagung manis, dan berbagai rasa lainnya, yang tentunya sangat renyah dan sedap untuk dijadikan sebagai makanan ringan atau camilan.

ü  PENENTUAN MEREK/PRODUK

Penentuan Merek produk kami dilakukan dengan memilih nama produk  berdasarkan nama generic dari Produk tersebut, umumnya produk makanan lebih memilih nama Generic dari Produk yang dibuat dengan ditambah label tertentu. Begitu pun kami, nama KRIPAK  sendiri sudah familiar di tengah masyakat luas, sehingga kami maksudkan supaya produk kami juga ikut cepat familiar di tengah kehidupan masyarakat. Label ini sebenarnya justru yang menjadi penguat Citra dari Produk makanan tersebut. Masyarakat akan lebih mengenal Label Makanan dari pada hanya nama Genericnya saja.




ü  PROMOSI

Untuk Produk Keripik KRIPAK, Media Promosi yang pertama yang  paling adalah membranding logo dan melakukan Promosi langsung ke konsumen, dimana konsumen disuruh untuk mencoba memakannya dengan harapan mereka akan selalu ingat akan rasa dan produk dari keripik KRIPAK dan diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan kepada orang lain. Dalam melakukan Promosi selanjutnya ditempuh dengan berbagai cara, mulai dari membuat iklan dengan pamphlet pamphlet, spanduk, sampai pada mempromosikannya melalui dunia maya, khususnya pada situs situs jejaring social dan social group lainnya yang banyak dikunjungi masyarakat online.

BAB II
ü  ASPEK PRODUKSI

A.     Alat

Wajan
Kompor
Alat Pemotong
Baskom
Serok
Soled

B.     Bahan
  • Singkong sebanyak ½ kg
  • Cabe merah keriting sebanyak 80 gram
  • Bawang putih sebanyak 4 buah
  • Garam sebanyak ¾ sdt
  • Gula sebanyak 1 sdm
  • Penyedap secukupnya
  • Minyak goreng
  • Air bersih sebanyak ½ lt
C.     Cara Membuat Keripik Singkong :
  1. Pertama-tama, potong singkong tipis-tipis sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Kemudian rendam singkong di dalam air yang dicampur dengan kapur sirih. Aduk rata kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah 10 menit, angkat singkong dan bilas dengan air bersih.
  3. Goreng singkong dengan minyak yang cukup. Minyak harus menutupi semua bagian singkong. Goreng hingga singkong berwarna kekuningan.
  4. Haluskan bumbu-bumbu, seperti bawang dan cabai. Setelah itu tumis bumbu halus hingga harum, jangan lupa tambahkan gula dan garam.
  5. Campurkan bumbu dengan keripik singkong sambil digoreng secara bersamaan. Setelah merata, angkat dan simpan dalam wadah.

BAB III

ü  ASPEK KEUANGAN
  • Singkong sebanyak ½ kg                                            Rp. 4.000
  • Cabe merah keriting sebanyak 80 gram                      Rp. 3.000
  • Bawang putih sebanyak 4 buah                                  Rp. 1.000
  • Garam sebanyak ¾ sdt                                                Rp. 1.000
  • Gula sebanyak 1 sdm                                                  Rp.   5.00
  • Minyak goreng                                                            Rp. 3.500
JUMLAH                                                                          Rp. 13.000
ü  ASET

ASET
LIABILITAS DAN EKUITAS
Aktiva lancar
Liabilitas
Singkong
Cabe merah keriting Bawang putih
Garam            
Gula
Minyak goreng           
Rp. 4.000
Rp. 3.000
Rp. 1.000
Rp. 1.000
Rp. 1.000
Rp. 5.000

-
-
Jumlah aktiva lancar
Rp. 15.000
Jumlah liabilitas
-
Aktiva tetap
Ekuitas
Wajan
Kompor
Alat Pemotong
Baskom
Serok
Soled

Rp.   50.000
Rp. 200.000
Rp.   10.000
Rp.     5.000
Rp.     7.000
Rp.     3.000
Modal
           Rp. 290.000
Jumlah aktiva tetap
Rp. 275.000
Jumlah modal
           Rp. 290.000
Jumlah aktiva
Rp. 290.000
Jumlah liabilitas dan modal
           Rp. 290.000













BAB IV
KATA PENUTUP

Demikian proposal kewirausahaan yang dapat saya buat, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas. Karena saya juga sedang belajar  dalam penyusunan laporan  ini.Sekian penutup dari saya semoga dapat diterima di hati dan saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.











Penyusun


Wahidatur Rohmah
NIS. 12529

Tidak ada komentar:

Posting Komentar